[Info] 120901 Melongok Pusat Pariwisata Jepang di Tokyo

Bangkit dari puing-puing bom atom Amerika pada Agustus 1945, Jepang adalah negara yang melesat maju, menyangkal anggapan bahwa negara itu akan lumpuh dan tenggelam dalam keterpurukan. Pariwisata Jepang juga ikut manju dan menjadi salah satu hal menarik dari Jepang.
Siapa yang tidak mengenal Jepang sekarang? Ia tampil menjadi kekuatan baru dunia di bidang teknologi. Bukan itu saja, Jepang juga merupakan negara eksotis dengan berbagai potensi wisata yang memanjakan mata. Pariwisata Jepang menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan negara ini.
Dunia pariwisata Jepang adalah bagian yang digarap dengan serius oleh pemerintah setempat sehingga menjadi sumber devisa negara yang luar biasa. Dan, Tokyo sebagai kota besar pertama Jepang, menjadi primadona baru pariwisata dunia. Tempat pariwisata Jepang pun mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat dunia.
Berikut ini adalah beberapa tempat pariwisata Jepang yang bisa dijadikan pilihan ketika waktu libur keluarga tiba:
1.   Pariwisata Jepang – Asakusa Kannon Temple
Pesona pariwisata Jepang yang pertama adalah Asakusa Kannon Temple. Asakusa Kannon Temple adalah kuil tertua di Tokyo yang dibangun sebagai tempat bernaung patung Kannon, Dewi yang murah hati dalam kepercayaan Buddha. Menurut legenda setempat, patung itu ditemukan oleh nelayan yang sedang melaut, dan tiba-tiba patung itu tersangkut di jaring mereka.
Kuil Asasuka adalah lokasi pariwisata Jepang  yang cukup favorit dikunjungi turis manca maupun lokal. Ada dua gerbang yang harus dilalui sebelum tiba di altar utama yang terbuat dari emas, dan di dalamnya tersimpan patung Kannon, yaitu:
  • Kaminarimon, Gerbang Dewa Petir. Adalah pintu masuk utama kuil. Terdapat lentera merah besar, dan dipercaya sebagai penanda yang memisahkan kehidupan fana dan ketuhanan.
  • Askusafountain, lebih kecil dari Gerbang Dewa Petir, dan berfungsi sebagai akses menuju altar utama. Di sini, para pengunjung melakukan ritual mencuci tangan dan mulut sebagai bentuk penyucian jasmani, sebelum memasuki kuil.
2.    Pariwisata Jepang – Kasai Rinkai Suizokuen
Kasai Rinkai Suizokuen adalah salah satu aquarium besar yang terdapat di kota Tokyo yang dikelola langsung oleh pemerintah. Pariwisata Jepang yang satu ini dikenal juga dengan nama Tokyo Sea Life Park. Bangunan megah yang jika dipandang dari luar terlihat seperti kubah kaca ini pertama kali dibangun pada 1989, dan terus mengalami penyempurnaan.
Tokyo Sea Life Park  terdiri dari dua bagian bangunan; gedung utama dan bagian air tawar. Bermacam-macam jenis ikan, mulai dari ikan perairan dangkal hingga ikan laut dalam, bahkan ikan tuna dan hiu, bisa ditemukan di sini. Daya tarik pariwisata Jepang dilengkapi dengan bagian landai menyerupai pantai yang memungkinkan pengunjung melihat langsung keindahan laut dari permukaannya. Juga, dilengkapi gua karang yang dihuni aneka burung pantai.
Konsep Tokyo Sea Life Park mengingatkan kita pada wahana Sea World di Ancol, sebuah wisata laut yang memungkinkan kita menikmati ikan-ikan laut berenang bebas di depan mata. Bedanya, tempat pariwisata Jepang berbentuk lingkaran seperti kue donat. Sensasi keindahan Kasai Rinkai Park bukan saja pada desain karya manusia, tetapi juga alam. Dari taman ini, pengunjung bisa menikmati sunset.
Wisatawan yang ingin menikmati pesonanya hanya cukup berjalan kaki sekitar lima menit dari stasiun Kasai Rinkai Koen. Stasiun ini berjarak 15 menit perjalanan dari Stasiun Tokyo dengan Keiyo Line.
3.    Pariwisata Jepang – Harajuku Street
Harajuku adalah salah satu jalan di Tokyo yang dikenal sebagai tempat berkumpul anak muda, dan mengingatkan kita pada objek wisata Malioboro di Yogyakarta. Pesona utama Harajuku sebagai tempat pariwisata Jepang ini terletak pada sekelompok anak muda yang berdandan aneh, bergaya menyerupai tokoh anime (komik), atau lebih dikenal dengan istilah cosplay.
Cosplay bisa ditemukan pada hari Minggu atau saat berlangsung even tertentu. Tepatnya di sekitar pintu masuk Meiji Shrine, di dekat jembatan penyeberangan Yoyogi Olympic Stadium. Di luar itu, sangat sulit menemukan keunikan cosplay karena para pemuda itu mungkin sedang sibuk bekerja atau sekolah. Jadi, jika Anda ingin menyaksikan “pertunjukkan” yang hanya dimiliki oleh pariwisata Jepang ini, sebaiknya datanglah di hari minggu.
Harajuku Street terletak di antara Shibuya dan Shinjuku. Untuk menemukan lokasinya, pengunjung bisa menggunakan JR Yamanote Line lalu turun di Stasiun Harajuku. Kalau dari Stasiun Meijijingumae, Anda bisa menggunakan Subway Chiyoda Line. Sebaiknya, berkunjung siang hari karena Kuil Meiji tutup pukul 17.00, dan Takeshita Dori hanya buka sampai pukul 20.00.
Tidak ada lokasi pariwisata Jepang yang spesifik di Harajuku, karena pesona Harajuku terletak pada keramaian pengunjungnya yang didominasi anak muda, dan menampilkan bermacam-macam talenta. Kalaupun ada, objek wisata yang bisa dirujuk adalah:
a.    Pariwisata Jepang – Meiji Shrine
Sebuah kuil tua yang terletak di belakang stasiun Harajuku, merupakan peninggalan sejarah dari zaman Kaisar Meiji. Saat ini, kuil tersebut masih digunakan untuk peribadatan dan upacara pernikahan. Nilai sejarah yang terkandung pada tempat pariwisata Jepang ini menjadi daya tarik tersendiri.
b.    Pariwisata Jepang – Takeshita Dori
Sederetan toko penjual pakaian, pernak-pernik, kosmetik, makanan, dan lain-lain. Tempat ini paling ramai dikunjungi. Bahkan, di akhir pekan, pengunjung harus berdesak-desakan. Anda bisa memuaskan hasrat belanja di pada salah satu tempat tujuan pariwisata Jepang ini.
c.    Pariwisata Jepang – Meiji Dori
Pusat belanja di Harajuku. Dibandingkan Takeshita Dori, toko-toko di sini lebih luas dan dilengkapi fasilitas yang nyaman. Letaknya di ujung perempatan Omotesando. Meiji Dori menjadi kunjungan utama para shopaholic. Kedua pariwisata Jepang ini menjadi magnet bagi para penggila belanja.
d.    Pariwisata Jepang – Omotesando
Para shopaholic yang fanatik branded mungkin kurang terpuaskan dengan Meiji Dori, karena itu mereka bisa beralih ke Omotesando. Di tempat pariwisata Jepang ini Anda akan menemukan barang-barang bermerek, seperti Louis Vitton, Chanel, Prada, dan sebagainya.
4.    Pariwisata Jepang – Tokyo Disneyland
Siapa yang tidak mengenal tujuan pariwisata Jepang yang satu ini. Tokyo Disneyland terletak di kota Urayasu, Chiba, sebenarnya sudah berada di luar kota Tokyo. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal sepanjang tahun, baik dewasa maupun anak-anak. Beberapa wahana yang bisa ditemukan di sini:
  • World Bazzar, tempat  toko-toko dan restoran berada.
  • Adventureland, area petualangan dengan Pirates of the Caribbean dan Jungle Curise sebagai atraksi populer.
  • Westernland, dengan sensasi perjalanan kereta yang mendebarkan menyusuri tambang-tambang tua di dunia para koboi.
  • Fantasyland, dengan taman bersimbol Cinderella Castle, dengan daya tarik perjalanan melintasi Gothik dan dihuni Haunted Mansion.
  • Toontown, dengan sensasi kota Disney seperti rumah Minnie, Dale’s Tree, Goofy’s Bounce House, dll.
  • Tomorrowland, dengan sensasi petualangan ruang angkasa.
Untuk mencapai Tokyo Disneyland, Anda bisa mengambil jalur kereta api JR Keiyō dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Maihama.
Nah, selamat menikmati keindahan kota Tokyo beserta pesona tempat pariwisata Jepang. Masih banyak objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi di sana, dan di Jepang pada umumnya.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s