[Info] 120901 White Day’s White Cookie

 

 

Setelah sibuk menyambut hari Valentine dengan mempersiapkan cokelah hadiah, para wanita Jepang kini sedang berdebar-debar menanti balasan dari pria yang disukainya. White Day, adalah nama hari istimewa tersebut. White Day dirayakan satu bulan setelah Valentine, yaitu tepatnya pada tanggal 14 maret. Berbeda dengan Valentine yang dirayakan di seluruh dunia, White Day hanya dirayakan di Jepang dan beberapa negara tetangganya yaitu Korea dan Taiwan.
Saat White Day berlangsung, para pria menerima honmei-choko (cokelat ungkapan rasa cinta) maupun giri-choko (cokelat kewajiban) di hari Valentine diharapkan untuk membalas pemberian tersebut dengan hadiah-hadiah yang disukai wanita. Beberapa contoh hadiah White Day yang popular antara lain, marshmallow, kue-kue kering, cokelat putih, pakaian, sapu tangan, dan perhiasan. Bagi pasangan kekasih, hadiah Valentine ataupun White Day tak hanya berkisar antara cokelat atau permen, namun juga aksesoris dan semacamnya. Ada yang perlu diperhatikan saat membeli hadiah yaitu adanya peraturan tak tertulis : sanbai gaeshi yang artinya bahwa hadiah balasan White Day harus bernilai tiga kali lipat dari hadiah Valentine yang diterima. Maka terkadang pria agak kerepotan bila hadiah Valentine yang diterimanya berupa benda yang mahal harganya.
Sebenarnya tradisi White Day ini belum berlangsung lama. Awalnya ide “membalasa hadiah Valentina” ini tercetus pada tahun 1975, sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan biscuit, cokelat dan permen. Setelahnya Asosiasi Industri Gula-gula Nasional menetapkan “hari memberi permen” pada tahun 1978 dan setelah persiapan selama 2 tahun perayaan White Day pertama pun dilaksanakan. Nama tersebut diambil dari warna putih pada gula yang dijadikan bahan dasar untuk permen. Selain itu, pada tahun 1977, Manseido Ishimura, pembuat gula-gula di Fukuoka sudah mencoba memasarkan hadiah balasan Valentine berupa marshmallow putih yang dinamai Tsurunoko pada 14 Maret dan menjadikan hari tersebut Marshmallow Day. Paduan dari keduanya menciptakan White Day yang kita kenal saat ini.
Marshmallow Blue ≧ω≦

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s