[Info] 120904 Yakuza

 

Jepang, negara maju di Asia ini terkenal dengan kemajuan teknologi yang pesat dan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Negeri matahari terbit ini juga terkenal dengan bunga sakura dan kimono yang sangat tersohor di dunia. Namun, ada satu hal lagi yang tidak dapat dipisahkan dengan Negara Kaisar Akihito itu. Ya, Yakuza, mafia Jepang yang sangat disegani.

  • Sejarah Yakuza

Yakuza merupakan sebuah sindikat mafia yang terorganisasi di Jepang. Sejarah Yakuza diawali pada 1612, saat Shogun Tokugawa menyingkirkan dan mengambil alih kekuasaan dari Shogun Kasai, shogun sebelumnya. Shogun Kasai merupakan salah satu marga terbesar di Jepang dan mempunyai pengaruh yang besar sampai saat ini.

Peristiwa pergantian shogun ini mengakibatkan sekitar 500.000 orang samurai (pelayan shogun) kehilangan tuannya. Dan mereka pun akhirnya disebut kaum Ronin. Karena tidak mempunyai tuan, kaum ronin pun cenderung berubah haluan menjadi kelompok penggangu keamanan.

Untuk mengatasi gangguan Ronin, dibentuklah satuan pengamanan desa yang disebut machi yokko. Anggotanya direkrut dari masyarakat sekitar. Akhirnya, machi yokko mampu mengatasi keberadaan ronin. Tapi setelah mengataasi ronin, masalah kembali muncul ketika anggota machi yokko menjadi pengangguran. Dari sinilah bibit Yakuza lahir. Kelompok ini menjadi sangat kuat dan sulit untuk dibrantas karena memiliki kekerabatan dan kesetiaan yang erat.

  • Asal Nama Yakuza

Pasukan pengaman penganguran ini pun beralih profesi, ada yang menjadi pedagang yang curang dan ada pula yang menjadi penjudi. Mereka pun sering bermain kartu bersama. Permainan kartu yang dilakukan mirip dengan Black Jack.

Dalam permainan itu, dibagikan tiga kartu dan dijumlahkan. Angka terakhir dari penjumlahan itulah yang menunjukkan kemenangan. Dalam permainan itu, ada yang namanya “kartu sial”, yaitu kartu yang berjumlah 20 karena angka belakangnya nol.

Salah satu kombinasi kartu itu adalah 8-9-3 yang dalam bahasa Jepang berarti Ya-ku-Za. Dan akhirnya menjadi asal-usul dari nama Yakuza. Dari kaum penjudi (bakuto), muncul sebuah tradisi untuk menandai seluruh badannya dengan tattoo (irezumi) dan tradisi potong jari sebagai hukuman dari sebuah kesalahan (yubitsume).

Pada masyaraat umum, biasanya kata Yakuza tidak dicapkan secara gamblang apalagi jika berbicara di luar rumah. Masyarakat menyimbolkan kata Yakuza dengan cara menggoreskan jari telunjuk ke pipi sendiri atau dengan menyebutan bilangan 893, yang artinya Yakuza.

  • Bisnis Yakuza Modern

Pada masa sekarang ini, anggota Yakuza diperkirakan telah berkurang cukup banyak. Akan tetapi, penurunan itu tidak mengurangi “taring” Yakuza. Di samping itu, Yakuza pun mempunyai bisnis yang berperan sebagai tulang punggung organisasi mafia Jepang ini. Bisnis yang digeluti oleh Yakuza adalah pachinko, perdagangan narkoba, prostitusi, pemerasan dan penyelundupan senjata ilegal.

Bisnis Yakuza pun tidak hanya di Jepang, tapi sudah berekspansi ke Ameria Serikat. Di Amerika, Yakuza melakukan pencucian uang di salah satu perusahaan besar. Bisnis ini pun melibatkan paman presiden Amerika Serikat.

Sementara di Jepang, pada era 90-an, bisnis Yakuza diindikasikan ikut berperan terhadap anjloknya ekonomi Jepang. Saat itu, kredit macet menimpa perekonomian Jepang. Dan para debitur pun menyewa jasa Yakuza untuk menjadi bodyguard agar aset debitur tidak disita oleh bank.

Selain itu, Yakuza pun mengembangan bisnisnya ke bidang properti. Dalam bidang properti, Yakuza menjalanan bisnisnya dengan cara licik, yaitu membeli properti dengan harga miring dan menjualnya dengan harga yang melonjak tajam.

Jaringan Yakuza pun mulai menapaki jalur politik. Sudah dapat ditebak kepakan dalam bidang politik pun berwarna gelap alias licik. Banyak praktik suap yang terjadi di kancah perpolitikan Jepang.

Shared by : michan | https://lovejapanandkorea.wordpress.com/

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s