[Info] 121221 Apa Itu Lukisan Ukiyoe di Jepang?

Bagi sebagian orang berkunjung ke Jepang tak hanya untuk menyaksikan keindahan alamnya saja, namun mengeksplorasi berbagai keragaman dan keunikan budaya di Negeri Sakura tersebut. Seni dan budaya di Jepang melingkupi beberapa bagiannya seperti seni lukis, seni musik dan lainnya.

 

Dalam konteks seni lukis, Jepang memiliki lukisan Ukiyo-e yang merupakan genre lukisan yang pernah ada pada abad ke-17 sampai abad ke-20. Lukisan Ukiyo-e ini memiliki berbagai macam tema semisal pemandangan alam, teater dan tempat-tempat favorit masyarakat Jepang. Kata “Ukiyo” dalam bahasa Jepang memiliki makna “dunia mengambang” dan mengacu pada budaya yang berkembang dipusat-pusat Edo, semisal Tokyo, Osaka dan Kyoto. Bentuk seni lukis ini kemudian menjadi sangat populer dalam budaya metropolitan Tokyo pada paruh abad ke-17. Makanya Anda yang menyukai kesenian melukis, jangan sampai menyia-nyiakan untuk mendapatkan Lukisan Ukiyo-e ini.

Untuk mendapatkan lukisan ini cukup terjangkau karena diproduksi secara massal. Lukisan-lukisan ini terutama banyak dicari oleh orang-ornag kota yang tidak mampu mendapatkan lukisan yang asli. Yang menjadi subjek asli dari lukisan ini biasanya kehidupan kota dan berfokus pada kegiatan-kegiatan di distrik hiburan semisal pelacur, pegulat sumo maupun aktor-aktor kenamaan. Namun untuk subjek politik, individu yang termasuk dalam strata terendah dan juga kegiatan seks tidak disetujui sebagai tema lukisan ini. Dan kalau ada yang melanggar maka akan mendapatkan hukuman sesuai dengan ketentuan yang  berlaku di negara tersebut.

Akar kesejarahan Ukiyo-e bisa ditelusuri mulai dari adanya arus urbanisasi yang terjadi pada akhir abad ke-16. Hal tersebut kemudian menyebabkan banyak kelas pedagang dan pengrajin yang mulai menulis cerita, menggambar yang disusun menjadi buku. Yang menjadi objek dalam cerita maupun gambarnya ialah kehidupan urban dan budaya masyarakat kala itu. Dan lukisan Ukiyo-e mengalami kebangkitannya pada abad ke-20. Adanya pengaruh dari Barat dan Eropa membuat banyak seniman yang membuat lukisan tersebut menggabungkan unsur Barat kedalamnya namun tetap dengan sentuhan tradisional Jepang.

SOURCE : jepang.panduanwisata.com

SHARED BY : MICHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s