[Info] 121221 Kabuki : Seni Teater Khas Jepang

Kabuki merupakan seni teater tradisional khas Jepang. Pemerintahan Jepang telah menetapkan Kabuki ini sebagai warisan budaya non-benda. Langkah otoritas Jepang tersebut kemudian diikuti oleh badan dunia UNESCO yang menetapkan Kabuki sebgai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Kabuki, secara etimologi berarti bernyanyi dan menari. Sejarah Kabuki sendiri diawali pada tahun 1603 dengan adanya pertunjukkan dramatari yang dibawakan oleh seseorang yang bernama Okuni di kuil Kitano Temmangu, kota Kyoto. Identitas Okuni sendiri konon tak pernah terungkap. Ada yang mengatakan bahwa Okuni ialah miko asal kuil Izumo Taisha, dan ada juga yang menyebut kawaramono yang merupakan sebutan bagi orang yang berasal dari kasta terendah dan tinggalnya di tepi sungai.

 

Panggung yang digunakannya ketika itu ialah panggung Noh. Kesenian garda depan yang dibawakan Okuni mendadak sangat populer, sehingga bermunculan banyak sekali kelompok pertunjukan kabuki imitasi. Pertunjukan kabuki yang digelar sekelompok wanita penghibur  disebut Onna-kabuki (kabuki wanita), sedangkan kabuki yang dibawakan remaja laki-laki disebut Wakashu-kabuki (kabuki remaja laki-laki).  Keshogunan Tokugawa menilai pertunjukan kabuki yang dilakukan kelompok wanita penghibur sudah melanggar batas moral, sehingga di tahun 1629 kabuki wanita penghibur dilarang dipentaskan.

Dalam perkembangannya, Kabuki kemudian digolongkan menjadi Kabuki-odori dan Kabuki-geki (kabuki sandiwara). Kabuki-odori dipertunjukkan dari masa kabuki masih dibawakan Okuni hingga di masa kepopuleran Wakashu-kabuki, remaja laki-laki menari diiringi lagu yang sedang populer dan konon ada yang disertai dengan akrobat. Selain itu, Kabuki-odori juga bisa berarti pertunjukan yang lebih banyak tarian dan lagu dibandingkan dengan porsi drama yang ditampilkan. Anda penasaran seperti apa pertunjukkan Kabuki ini? Bersegeralah menyaksikannya di Negeri Sakura, Jepang.

SOURCE : jepang.panduanwisata.com

SHARED BY : MICHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s