[Info] 121221 Mengenal Pedang Dari Negeri Sakura

Setiap negara atau daerah pasti memiliki senjata khasnya masing-masing. Berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Timur dan Jawa Barat misalnya, memiliki senjata daerahnya masing-masing. Jawa Timur terkenal dengan Kerisnya dan Jawa Barat dengan Kujangnya. Begitu juga dengan negara/ daerah lainnya seperti Negeri Sakura Jepang yang terkenal dengan pedangnya.

 

Di Jepang, pedang dikenal dengan nama “Katana”. Di Jepang, Katana atau pedang Jepang biasanya digunakan untuk keperluan memotong suatu benda dan menggunakannya dengan dua tangan. Kini, penggunaan pedang Jepang sudah digunakan sebagai seni bela diri modern. Ketika ke Jepang, bisa saja Anda dengan mudahnya menemukan Jepang tersebut namun bukan pedang aslinya. Pedang asli Jepang kini sudah sulit ditemukan di pasaran, dan kalaupun ingin mendapatkannya masih tetap bisa meskipun dengan merogoh kocek yang cukup dalam. Katana modern ini dibuat oleh para praktisi pedang yang sudah memiliki lisensi dan terlatih.

Sementara bentuk tertua dari pedang Jepang dapat ditelusuri kembali ke masa abad ke-3 dan ke-4. Menurut catatan sejarah, pedang Jepang pertama kali dibuat oleh seorang yang bernama Amakuni. Jepang memasuki masa perang saudara yang membuat kebutuhan terhadap pedang meningkat tajam. Adanya invasi bangsa Mongol yang terjadi pada abad ketiga belas semakin mendorong terjadinya evolusi pedang di Jepang. Namun produksi pedang di Jepang dihentikan oleh Amerika Serikat pasca terjadinya Perang Dunia ke-II dan berdampak pada mampetnya produksi pedang Jepang.

Pedang Jepang memiliki klasifikasinya tersendiri yang ditentukan berdasarkan panjangnya. Satuan panjangnya sendiri merupakan shaku dimana satu shaku berukuran sekitar 30,3 cm. Di Jepang sebuah pedang yang memiliki panjang kurang dari satu shaku disebut dengan Tanto atau pisau, atau pedang Jepang yang panjangnya lebih dari satu shaku dan kurang dari dua shaku disebut dengan Daito. Pengukuran pedang Jepang yang dimaksud ialah besi pedangnya saja dan tidak termasuk dengan gagang dan juga sarung pedangnya.

Jenis-Jenis Senjata Tradisional Jepang

 

  • Katana

https://i1.wp.com/25.media.tumblr.com/tumblr_m4hiqxUXli1r10ux5o1_1280.jpg

Katana (刀) adalah pedang panjang jepang (daitō, 大刀), walaupun di jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana adalah kunyomi (sebutan jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai jepang. Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shōtō, bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas satria.

 

  • Wakizashi

https://i0.wp.com/visionquestkarate.com/wp-content/uploads/2010/07/Wakizashi.jpg

Wakizashi (bahasa jepang: 脇差) adalah pedang jepang tradisional dengan panjang mata bilah antara 30 dan 60 sentimeter (antara 12 hingga 24 inci), serupa tetapi lebih pendek bila dibandingkan dengan katana yang sering dikenakan bersama-sama. Apabila dikenakan bersama, pasangan pedang ini dikenali sebagai daisho, yang apabila diterjemahkan secara harafiah sebagai “besar dan kecil”; “dai” atau besar untuk katana, dan “sho” untuk wakizashi. Wakizashi digunakan sebagai senjata samurai apabila tidak ada katana. Apabila memasuki bangunan suci atau bangunan istana, samurai akan meninggalkan katananya pada para pengawal pada pintu masuk. Namun, wakizashi selalu tetap dibawa pada setiap waktu, dan dengan itu, ia menjadi senjata bagi samurai, serupa seperti penggunaan pistol bagi tentara.

 

  • Naginata

https://www.mtholyoke.edu/org/naginata/naginata1.gif

Naginata (なぎなた, 薙刀) adalah senjata kelas tombak yang secara tradisional digunakan di jepang oleh para anggota samurai. Sebuah naginata terdiri dari pegangan tongkat kayu dan golok melengkung pada ujungnya, senjata ini sama dengan yang dipegang oleh guan yu dalam sejarah china. Ilmu beladiri yang menggunakan naginata disebut naginata-jutsu.

 

  • Kama

https://i1.wp.com/www.king-cart.com/store/oknight/IF_Kama_402414.jpg

Kama (鎌 or かま) adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, kama pada awalnya digunakan untuk pertanian. Senjata kama biasa digunakan sepasang, senjata ini merupakan salah 1 senjata utama ninja, tetapi pada ujungnya dipasang gada/rantai, disebut kusari-gama.

 

  • Kusari gama

https://i2.wp.com/www.karatemart.com/images/products/main/ninja-kusari-gama.jpg

Kusari-gama adalah kama ( lihat diatas ), tetapi memiliki rantai yang diikatkan dengan senjata tajam ( gada, pedang kecil, dll )

 

  • Sai

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSgXtTUKLr_gRVvebvZr8GfWhXz_VmB5rfYZG4LbvRpiMyabeGYrPEykzi0yA

Sai (釵) adalah senjata tradisional yang berasal dari okinawa, juga digunakan di India, Shina, Indonesia dan Malaysia. Sai adalah senjata yang berbentuk seperti trisula. Sai pada awalnya adalah alat pertanian.

 

  • Shuriken

http://anieensama.files.wordpress.com/2010/07/shuriken.jpg

Shuriken (手裏剣;”hand hidden blade”) adalah senjata tradisional jepang yang pada umumnya digunakan untuk dilempar ke lawan, dan kadang digunakan untuk menusuk dan memotong arteri lawan. Shuriken dibuat dari jarum, pisau, dan bahan logam lain. Shuriken adalah senjata yang paling sering digunakan setelah katana dan naginata. Ilmu beladiri yang menggunakan shuriken disebut shuriken-jutsu, shuriken-jutsu pada dulunya diajarkan di perguruan ninja. Shuriken dikenal dengan sebutan “bintang ninja”

 

  • Kunai

https://i1.wp.com/media.giantbomb.com/uploads/1/11228/232329-naruto_kunai_em20905bk_2.jpg

https://lovejapanandkorea.files.wordpress.com/2012/12/kunai2.jpg?w=300

Kunai adalah senjata lempar tradisional jepang, muncul pada era kaisar tensho. Kunai pada umumnnya dibuat dari besi, bukan baja/metal lain, dibuat dengan murah dan tidak di-polish. Kunai biasanya berukuran 20-60cm, dan rata-rata 40 cm. Kunai pada dulunya adalah alat untuk berkebun dan alat bagi para pekerja batu. Kunai dipercaya sebenarnya bukan senjata yang didesain untuk dilempar, tetapi dapat dilempar dan menghasilkan daya hancur yang lumayan.

SHARED BY : MICHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s