[Info] 121223 Kabane: Gelar Istana Masa Kekaisaran Yamato

Tahukah Anda istilah Kabane di Jepang? Kabana merupakan gelar yang menunjukkan keturunan serta keududukan yang diberikan Kekaisaran Yamato kepada klan yang cukup berpengaruh di Jepang masa kuno. Kabane sendiri menunjukkan jabatan didalam istana, seperti Agata no nushi, Inagi dan juga Kuni no miyatsuko.

 

Kabane yang menunjukkan status atau kedudukan diantaranya yakni Omi, Muraji, Miyatsuko, Obito dan juga Kimi. Tokoh yang menempati kedudukan paling tinggi dalam peringkat Omi ialah Oomi dan kedudukan yang paling tinggi dalam Muraji kerap disebut dengan Omuraji. Pasca terjadinya Perang Shinjin, sistem Kabane kemudian hanya tinggal nama setelah Kaisar Temmu menetapkan sistem Yakusa no Kabane. Sementara kedudukan Omi dan Muraji dijatuhkan ke posisi keenam dan ketujuh dan dalam praktik kehidupan sehari-hari menjadi tidak berarti lagi.

Sebagai penggantinya, kaisar kemudian memberikan gelar baru kepada para pengikut yang dianggap setia yakni Mahito dan diikuti Ason, Sukune dan Imiki. Status terendah ialah Inagi yang berada di bawah Omi dan Muraji. Kemudian di zaman Nara, hanya sistem Ason yang tersisa dana Kabane. Nah, sejak kekaisaran Yamato sampai terjadinya Restorasi Meiji hanya ada sedikit saja Kabane yang diteruskan secara turun temurun. Tokoh terkenal dari kalangan Ason misalnya, Fujinawa no Ason Nataoshi, Fujiwara no Ason Toshimichi.

Pada tahun 1870an, Pemerintahan Meiji kemudian mengeluarkan yang disebut dengan Perintah Izin Penggunaan Nama Keluarga bagi Rakyat Biasa. Setelah dikeluarkannya dua peraturan ini, nama klan (氏 shi atau uji) dan nama keluarga (姓 sei atau honsei), keduanya menjadi disebut myōji (苗字 atau 名字, nama keluarga, bahasa Inggris: surname atau family name). Dengan adanya instruksi ini, nama klan (uji) dan berbagai kabane terhapus dengan sendirinya. Nama klan seperti Fujiwara bergelar Ason tidak berlaku lagi, dan menjadi nama keluarga Fujiwara.

SOURCE : jepang.panduanwisata.com

SHARED BY : MICHAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s