[Info] 121223 Mengenal Bahasa Nasional Jepang

Bahasa ialah penanda dan simbol eksistensi sebuah bangsa dan budaya. Bahasa juga merupakan instrumen komunikasi diantara kelompok bangsa yang digunakan dalam kegiatan keseharian. Tak bisa dibayangkan manusia tanpa bahasa: akan banyak kendala dan kesalahfahaman yang terjadi. Jangankan tiap-tiap negara, tiap-tiap suku dalam internal negara itu sendiri memiliki bahasanya tersendiri yang biasanya hanya difahami dan dimengerti oleh anggota suku tersebut.

 

Begitu juga dengan Jepang yang memiliki bahasa sendiri dan saat ini sudah diucapkan oleh sekitar 130 jutaan orang terutama di benua Asia dan juga Amerika. Dalam tata bahasa Jepang ini memiliki sistem yang cukup kompleks dari honorifics yang mencerminkan stratifikasi masyarakat Jepang. Setiap bentuk kata kerja dan kosakata tertentu menunjukkan peringkat relatif dari seorang yang berbicara dan pendengar dalam masyarakat Jepang. Meskipun sulit, namun bukan berarti bahasa Jepang ini tak bisa dipelajari dan dipraktikkan oleh orang-orang non-Jepang karena mengerti bahasa Jepang akan sangat membantu ketika Anda mengunjungi negara ini.

Bahasa Jepang ini begitu dibanggakan oleh masyarakat Jepang sendiri sehingga dalam kesehariannya mereka mayoritas berbahasa ibu mereka. Naskah bahasa Jepang ialah kombinasi dari karakter China dan dua script suku kata yakni hiragana dan katakana. Romaji yang merupakan alphabet Latin kerap digunakan oleh generasi sekarang dikalangan masyarakat Jepang terutama untuk nama perusahaan, iklan dan juga merk komputer. Begitu pula bahwa bahasa Jepang ini memiliki dua bentuk yakni yojungo atau bahasa standar Jepang dan juga kyotsugo atau bahasa umum. Untuk jenis yang pertama biasanya banyak digunakan di sekolah-sekolah di Jepang, televisi, dan juga komunikasi resmi.

Tulisan Bahasa Jepang

Sedangkan untuk tulisan bahasa Jepang sendiri beradal dari tulisan bahasa China (Kanji) yang diperkenalkan pada abad keempat Masehi. Sebelumnya, orang Jepang tidak memiliki sistem kepenulisannya sendiri. Untuk tulisan Jepang sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni:

  • Aksara Kanji yang berasal dari China
  • Aksara Hiragana, dan
  • Aksara katakana: dimana keduanya (hiragana dan katakana) berunsur dari tulisan Kanji dan dikembangkan pada sekitar abad ke delapan masehi oleh rohaniawan Budha untuk membantuk melafalkan karakter-karakter China.

Bahasa Jepang yang dikenal sekarang merupakan kombinasi dari aksara Kanji dan Hiragana dan Katakana. Kanji dipakai untuk menyatakan arti dasar dari kata baik itu berupa kata benda, kata kerja, kata sifat dan kata sandang. Hiragana ditulis sesudah kanji untuk mengubah arti dasar dari kata tersebut, dan menyesuaikannya dengan peraturan tata bahasa Jepang.

SOURCE : jepang.panduanwisata.com

SHARED BY : MICHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s